Khilaf Masalah Perbuatan Hamba

Dan yang benar adalah bahwa hamba itu tidak menciptakan perbuatan-perbuatan dirinya dan dia itu tidak majbur,melainkan sesungguhnya Allah Ta`ala menciptakan perbuatan -perbuatan yang timbul dari hamba itu beserta keadaan hamba itu mempunyai satu ikhtiar (usaha) padanya.

Dengan demikian dalam hal perbuatan-perbuatan hamba itu terdapat tiga golongan :

1.Mutazilah yang mengatakan bahwa hamba itulah yang menciptakan perbuatan perbuatan dirinya.

pendapat ini menunjukan tentang kekuasaan seseorang hamba secara mutlak dalam hal perbuatan perbuatanna. Golongan ini dinamakan pula dengan Qodariyah

2. Jabariyah yang mengatakan bahwa hamba terpaksa dalam segala perbuatannya tanpa ada sedikitpun kemampuan untuk berusaha dengan dirinya sendiri. Hamba itu tak ubahnya seperti bulu yang ditiup angin,betapa lemah dan terpaksanya.

Pendapatini menunjukan tentang keterpaksaannya dan tidak berdaya seorang hamba secara mutla. Golongan ini dinamakan juga dengan jahamiyah.

3. Ahlus sunah yang mengatakan hamba itu tidak berkuasa secara mutlak atas segala perbuatangnya dan tidak pula terpaksa secara mutlak, melainkan ditengah-tengah antara berkuasa dan terpaksa.Maka golongan ini telah mengambil satu pendapat yang sangat baik yaitu ditngah-tengah antara dua perkara.

Kalau Allah memaksa mereka niscaya dia tidak mengazab mereka dan kalau Allah menyerahkan kepada mereka niscaya tidak adaartinya perintah. Akan tetapi dia adalah satu tempat diantara dua tempat dan bagi allah itu ada rahasia yang kamu tidak mengetahuinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s