Tentang Teknologi

Jawaban Uas Tekper

Definisi Teknologi

menurut penulis : teknologi adalah aplikasi dari sebuah konsep atau pemikiran yang dituangkan dalm bentuk  alat mesin, material, dan proses (hardware software) yangmampu membantu manusia dalam mengatasi permasalahan hidupnya,

David L Goetch:

People Tool, resaurces, to solve problem or to extend their capabilities. teknologi adalah sebuah ikhtiar manusia dalam menghasilkan sebuah produk dengan memanfaatkan peralatan, proses, dan sumber daya.

Arnold Pacey :

The aplication scientific and the knowladge to partikal task by ordered systems. the involve people and organization, living things and machines. Bahwa teknologi tetap terkait pada pihak pihak yang terlibat dalam perencanaa, karena itulah teknologi tidak bebas organisasi, tidak bebas budaya, sosial, ekonomi dan polotik.

Ryas Van Wyk :

Teknologi is a “set of means” created by people to fasilitate human endeavor”

dari definisi tersebut mengandung beberapa esensi yaitu:

  1. teknologi berelasi dengan konsep , ide, pikiran, dan keberadaanya masuk dalam kontemporer sejarah manusia -masuk dalam peradaban manusia-
  2. Teknologi lahirdari kretifitas manusia
  3. Teknologi merupakan pengintegrasian pemikiran :set of means”
  4. Teknologi memberikan kemudahan pada manusia.

Pernyataan tersebut dapat kita ambil dalam 3 unsur teknologi

  1. Skil (keterampilan/keahlian)
  2. alghorithma (logika pemikiran / daya cipta)
  3. Hardware ( perangkat keras)

Dalam Manajemen of thechnologi, dapat dideskripsikan dalam beberapa cara :

  1. Teknologi sebagai makna memenuhi suatu maksud didalamnya  terkandung apa saja yang dibutuhkan untuk merubah (mengkonversikan) sunberdaya (resaurces) ke suatu produk atau jasa.
  2. Teknologi tidak ubahnya sebagai pengetahuan, sumberdaya yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan. (objektive)
  3. Teknologi adalah suatu tubuh dari ilmu pengetahuan dan rekayasa (enginering) yang dapat diaplikasikan pada perancangan Produk, proses, atau pada penelitian untuk mendapatkan pengetafuan baru.

Definisi Teknologi Perkantoran:

Dilihat dari dua kata dasarnya yaitu Teknologi dan Kanto, definisi teknologi Sda.  Kantor adalah tempat kegiatan yang berhubungan dengan ketatausahaan yang meliputi pelayanan, pencatatan, pengoperasian, serta pengolahan dan pengiriman warkat, Sehingga dari uraian tersebut kita ambil sebuah kesimpulan bahwa Teknologi Perkantoran adalah ” Aplikasi dari sebuah konsep ide,konsep atau pemikiran yamg diwujudkan berupa alat mesin material dan proses yang berkorelasi dengan ketatausahaan yang meliputi pelayanan, pencatatan pengoperasianpengolahan penggandaan dan peniriman warkat sehingga dapat membantu dalam pelaksanaan kerjanya.

Definisi Teknologi Informasi:

Adalah hasil “rekayasa manusia” terhadap proses penyampaian informasi/pesan dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengirim tersebut akan lebih capat/ efektif dan efisien.

contohnya :

pada awal sejarah manusia bertukar informasi melalui bahasa  Isyarat maka bahasa tersebut adalah teknologi, kemudian bekembang dengan gambar dan seterusnya sampai kepada INTERNET yang kita gunakan ini.

contoh teknologi dalam dunia pendidikan :

microteaching,=………………… ada di majalah Idealisme UNIKU

2 thoughts on “Tentang Teknologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s