Provinsi Cirebon : Kepentingan Demokrasi, Demokrasi Kepentingan

Genta Demokrasi : Goyang Politik Ala Pantura

28 Agustus 2012 | 23:05:00

http://www.metrotvnews.com/read/promo/123238/Goyang-Politik-Ala-Pantura

Gambar

beberapa Kabar Untuk Provinsi Cirebon

Pembentukan Provinsi Cirebon Ditagih

TEMPO.CO, Bandung  – Perwakilan Presidium Pembentukan Provinsi Cirebon mepertanyakan janji kampanye Ahmad Heryawan dan Dede Yusuf yang akan mendorong pembentukan provinsi Cirebon. “Kami menagih janji, sesuai yang beliau bikin menjelang pencalonan gubernur dan wakil gubernur,” kata Ketua Tim Percepatan Provinsi Cirebon untuk wilayah Jawa Barat Wawan Kurniawan di Bandung, Senin, 23 Juli 2012.

Wawan yang meawakili presidium sengaja menemui Dede Yusuf di Gedung Sate untuk menanyakan soal itu. Pihaknya, kata dia, mendesak agar pemerintah Jawa Barat secepatnya menerbitkan rekomendasi itu. Dia beralasan, Kementerian Dalam Negeri dan Komisi II DPR menyatakan pembentukan provinsi baru, dikembalikan pada kesediaan provinsi induk.

Menurut dia, keputusan rekomendasi provinsi Jawa Barat dibutuhkan agar sejumlah daerah yang masih menolak pembentukan provinsi Cirebon bisa berubah pikiran. Majalengka misalnya, beralasan menunggu keputusan provinsi Jawa Barat. ”Yang menjadi alasan Majalengka selama ini, Jawa Barat belum memberikan rekomendasinya,” kata Wawan.

Wawan mengatakan, Dede tidak keberatan dengan pembentukan provinsi Cirebon, hanya mensyaratkan harus memenuhi semua persyaratan. ”Akan ada konsultasi lagi dari pihak pemerintah Jawa Barat dan DPRD Jawa Barat dengan Kementerian Dalam Negeri tentang mekanisme sebenarnya,” kata dia.

Wakil Gubernur Dede Yusuf membantah dia dan gubernur menghalangi proses itu. “Tidak pernah ada statemen gubernur atau saya menolak, tidak ada,” kata dia. ”Kalau sekadar keinganan masyarakat, harus ditampung.”

Dia mempersilahkan, usulan pembentukan provinsi baru itu masuk dalam wilayah politik. Dede beralasan, pembentukan provinsi baru itu bukan diputuskan oleh provinsi induk, tapi harus inisiatif dari bawah. ”Tidak gampang. Tidak bisa sekadar mengikuti kemauan sekelompok atau segolongan orang,” kata Dede.

http://www.tempo.co/read/news/2012/07/23/058418822/Pembentukan-Provinsi-Cirebon-Ditagih

P3C Serahkan Kajian Pembentukan Provinsi Cirebon

 

BANDUNG, (PRLM).- Beberapa perwakilan Presidium Pembentukan Provinsi Cirebon (P3C) diterima Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar) Komisi A dan Komisi B Di ruang Komisi B, Jalan Dipenogoro No. 22 Bandung, Rabu (30/5/12) pukul 10.00 WIB. Kepada Anggota Dewan mereka memberikan hasil laporan kajian untuk pembentukan provinsi Cirebon yang meliputi Kabupaten (Kab) dan Kota Cirebon, Kab Indramayu, Kab Majalengka, dan Kab Kuningan (Ciayumajakuning).

Selain itu, P3C mendesak DPRD Jabar untuk membentuk Panitia Khusus (Pansus) melanjutkan proses pembentukan Provinsi Cirebon. “Daerah-daerah yang masuk provinsi Cirebon tadi sudah menyetujui baik DPRD maupun kepala daerahnya masing-masing, hanya Bupati Kuningan yang belum menyetujui,” ujar Ketua P3C Nana Sudiana.

Menurut Nana, mereka sudah mendaftarkannya ke pemerintah pusat sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 78 tahun 2007 tentang tata cara pembentukan, penghapusan dan penggabungan daerah.

Selain itu, Nana menjelaskan bahwa Cirebon sudah layak menjadi provinsi. Mereka pun melakukan kajian dari panitia independen dan pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kami sudah melakukan kajian dan mencoba membuat analisa untuk menggali potensinya, ternyata kelayakannya sudah cukup” ucap Ketua P3C.

Ketua P3C itu pun berharap Provinsi Cirebon sudah terbentuk sebelum 2013 dan DPRD Jabar segera menentukan pansus pembentukan Provinsi Cirebon. “Karena kalau menunggu Pemilihan Gubernur (Pilgub) jabar dikhawatirkan prosesnya akan lama lagi”. (CA-05/CA-06/A-88)***

http://www.pikiran-rakyat.com/node/190554

 

Jadi Ibu Kota Jabar Redam Bentuk Provinsi Cirebon?

INILAH.COM, Bandung – Anggota Komisi A DPRD Jabar Deden Darmansyah mengakui wacana pemindahan Ibu Kota Provinsi Jabar dari Kota Bandung ke Cirebon salah satunya untuk meredam pembentukan Provinsi Cirebon. Tetapi lebih khusus, meratakan ’kue’ pembangunan di Jabar sehingga dirasakan langsung masyarakat Pantai Utara (Pantura).

“Agar gejolak pembentukan Provinsi Cirebon tidak menjadi bumerang bagi pembangunan Jabar ke depan, maka jangka pendeknya kita upayakan untuk memindahkan ibu kota ke Cirebon,” ujar Deden saat ditemui di Gedung DPRD Jabar Jalan Diponegoro Kota Bandung, Rabu (25/7/2012).

Dia mengakui Pemprov Jabar memang memiliki rencana pembangunan Metropolitan Cirebon. Namun pemindahan ibukota lebih mudah dilaksanakan dibanding melaksanakan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Cirebon Raya.

“Kalau kita mengembangkan Cirebon Raya, tampaknya akan perlu banyak proses karena jangka panjang daerah. Paling mudah memindahkan ibu kota. Apalagi didukung oleh kondisi Bandung yang sudah overload. Nah siapa tahu memindahkan ibu kota justru memperlunak warga Cirebon untuk memisahkan diri,” ucapnya.[jul]

4 thoughts on “Provinsi Cirebon : Kepentingan Demokrasi, Demokrasi Kepentingan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s