UJIAN TENGAH SEMESTER

UJIAN TENGAH SEMESTER

 

NAMA MATA KULIAH   : PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN EKONOMI

PROGRAM                          : S-2

SEMESTER                         : 1

Tahun akademik             : 2014/2015

Dosen Pengampu MK     : Dr. Pupu Saeful Rahmat, M.Pd.              

SIFAT UJIAN                     : Take Home Test

Waktu Pengerjaan          : Selama satu minggu sejak soal diterbitkan (15 November 2014 )

File jawaban (soft copy) dikirimkan melalui email: poesya58@yahoo.co.id paling lambat tanggal 22 November 2014. Hard copy diserahkan pada hari Minggu, 20 November 2014.

 

Petunjuk Umum

  1. Soal yang tertera di bawah ini merupakan soal UTS dalam bentuk take home test    
  2. Karena sifat test berbentuk take home test, maka jawaban diharapkan lebih rapin, bersih dan berkualitas.
  3. Kerjakan semua soal dengan penuh kehati-hatian dan ketelitian dalam menjawab.
  4. Setiap jawaban harus disertai berbagai sumber yang relevan sehingga jawaban benar-benar dapat dipertanggungjawabkan melalui hasil pemikiran yang matang, kritis dankreatif ditambah dukungan teori yang berhubungan dengan jawaban tersebut.
  5. Lembar jawaban ditik pada kertas HVS A4 dengan penggunaan jarak baris 1,5 bentuk huruf time news Roman Fond 12 dan dijilid soft cover.

 

Petunjuk khusus

 

  1. Hati-hati dalam menjawab karena jawaban yang dianggap percis sama tidak akan dinilai dan akan dikembalikan !
  2. Soal:

Semua soal dibuat dalam bentuk essay yang tentu saja untuk menjawabnya membutuhkan pemikiran yang tajam penuh dengan kreativitas. Setiap jawaban harus dilengkapi dengan pendapat ahli yang dapat Sdr. rujuk dari berbagai sumber termasuk Undang-undang, Peraturan Pemerintah (PP), Peraturan Menteri (Permen) atau Kepmen.

 

  1. Bobot Nilai 10

 Ditinjau dari perspektif sosiologis, kurikulum itu merupakan produk sosial, artinya dari segala pemahaman baik dari segi format, isi, maupun disain dan pelaksanaannya akan selalu berubah mengikuti perkembangan zaman yang terjadi. Coba Sdr. jelaskan hal-hal sebagai berikut: (1) Mengapa kurikulum yang dibuat itu harus mengikuti perkembangan zaman? (2) Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengembangan kurikulum itu (ambil dari beberapa pendapat ahli kemudian Sdr. simpulkan).


  1. Bobot Nilai 10

 Curriculum Development (pengembangan kurikulum) merupakan istilah komprehensif yang di dalamnya mencakup perencanaan, penerapan, dan penilaian. Coba Sdr. jelaskanlah bagaimana pandangan Hilda Taba tentang pengembanagn kurikulum?

 

  1. Bobot Nilai 15

Berdasarkan Pasal 36 Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas dinyatakan bahwa:

  1. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
  2. Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik.
  3. Kurikulum disusun sesuai dengan jenjang pendidikan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan memperhatikan: (a) peningkatan iman dan takwa; (b) peningkatan akhlak mulia; (c) peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat peserta didik; (d) keragaman potensi daerah dan lingkungan; (e) tuntutan pembangunan daerah dan nasional; (f) tuntutan dunia kerja; (g) perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni; (h) agama; (i) dinamika perkembangan global; dan (j) persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan.

Coba Sdr. komentari pasal 36 UU Sisdiknas tersebut di atas. Agar Sdr. mendapatkan pemahaman yang jelas, kaitkan dengan ketentuan mengenai pengembangan kurikulum sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), ayat (2), dan ayat (3) tersebut dengan dengan Peraturan Pemerintah (PP) dan Permen!

 

  1. Bobot Nilai 10

Oemar Hamalik (2003) mengemukakan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan kurikulum, antara lain: (1) tujuan filsafat dan pendidikan nasional; (2) sosial budaya dan agama; (3) perkembangan peserta didik; (4) keadaan lingkungan; (5) kebutuhan pembangunan; dan   (6) perkembanagn ilmu pengetahuan dan teknologi. Coba Sdr. jelaskan lebih rinci lagi kelima faktor yang mempengaruhi pengembangan kurikulum tersebut!

  1. Bobot Nilai 10

Hamid Hasan menyatakan konsep kurikulum ditinjau dari 4 sisi yaitu . (1) Kurikulum sebagai suatu ide; (2) Kurikulum sebagai suatu rencana tertulis; (3) Kurikulum sebagai suatu kegiatan; (4) Kurikulum sebagai suatu hasil. Coba Sdr. jelaskan keempat hal tersebut!

  1. Bobot Nilai 15

Jelaskan sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia sejak zaman Kejayaan Hindu, Budha, Islam, zaman penjajahan, masa setelah kemerdekaan, masa orde lama, orde baru, sampai masa orde reformasi!

  1. Bobot Nilai 10

KTSP didasarkan pada peraturan Mendiknas No. 24 Tahun 2006, diberlakukan di satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menerapkan Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) secara bertahap dimulai pada tahun ajaran 2006/2007. Coba Sdr. jelaskan apa perbedaan KTSP dengan kurikulum 1994!

  1. Bobot Nila 20

Analisislah kurikulum 2013 pada Mapel Ekonomi SMA serta perbedaannya dengan kurikulum KTSP dari segi: (1) tujuan; (2) sistem yang digunakan; (3) silabus yang digunakan; (4) beban belajar siswa; (5) implementasi kurikulum; (6) proses penilaian; (7) kelemahan dan keunggulannya.

 

SELAMAT BEKERJA DENGAN KHIDMAT

 REFERENSI

PENDEKATAN untuk merancang CURRICULUM

RUANG LINGKUP PENGEMB. KURIKULUM

1. pemahaman KOMPETENSI

IMPLEMENTASI KUR 2013- UNIKU

Pemahaman Proses edit

IMPLEMENTASI KUR 2013- UNIKU KONSEP DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM-PERTEMUAN =1 PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN EKONOMI RUANG LINGKUP PENGEMB. KURIKULUM SEJARAH PERKEMBANGAN_KURIKULUM_DI INDONESIA

2 thoughts on “UJIAN TENGAH SEMESTER

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s