MID TEST MANAJEMEN PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN III 2014

MID TEST

MANAJEMEN PENDIDIKAN

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN III 2014

PASCASARJANA UNIKU

November 2014

DOSEN : Dr Odang Supriatna MM

Petunjuk : Sebelum anda menjawab pertanyaan ini, bacalah seluruh soal berikut ini dengan seksama. Kerjakanlah soal yang menurut anda paling mudah. Dalam mengerjakan soal ini anda diperkenankan membuka buku, atau materi perkuliahan. Namun tidak diperkenankan diskusi atau saling menukar jawaban dengan rekan sekelas. Waktu pengerjaan 90 menit.

  1. Dalam konsep kualitas dikenal dengan 4 absolut kualitas yaitu : Definisi, System, Standar dan Alat ukur. Apa yang dimaksud dengan hal tersebut. Beri satu contoh kasus yang anda temui dalam pekerjaan anda sehari-hari misalnya “Kebersihan Sekolah seperti ada yang anda anggap berkualitas” . Lalu apa yang perlu dilakukan untuk melahirkan kualitas yang anda inginkan dengan menerapkan 4 absolut kualitas tsb?
  2. Dalam proses belajar mengajar , guru sebaiknya dapat melakukan proses belajar yang PAIKEM ( Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan) . Bila hal ini diterapkan pada pengajaran yang anda sampaikan dalam pekerjaan anda sehari-hari. Apa saja bentuk PAIKEM sebagaimana tersebut diatas ? Bagi anda yang bukan seorang guru, menurut anda bagaimana sebaiknya menciptakan suasana belajar yang PAIKEM ?
  3. Didalam pengembangan SDM, ada beberapa istilah ; Coaching, Counseling, Training, Teaching , Tutorial. Apa pengertian anda akan istilah ini, dan kapan anda menerapkan istilah-istilah ini? Kepada siapa anda menerapkannya pada proses mengajar yang anda lakukan di sekolah atau pekerjaan anda. ?
  4. Berikut beberapa pengertian Manajemen menurut Beberapa ahli. Tugas anda adalah membuat sintesa dari beberapa pendapat tersebut, sesuai dengan pemahaman anda. Dan uraikan sintesa yang anda buat dalam pengertian sebagaimana anda maksud.“ Menurut R. Terry :Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya. Menurut Lawrence A. Appley :Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain. Pengertian Manajemen Menurut Drs. Oey Liang Lee : Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan dari pada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan”
  5. Salah satu tujuan utama dari mempelajari Manajemen Pendidikan adalah Mambantu Tenaga kependidikan melakukan proses Tercapainya tujuan pendidikan secara EFEKTIF dan EFESIEN. Apa pengertian anda pendidikan yang Efektif dan Efisien, dan upaya-upaya apa saja yang dapat anda melakukan untuk mencapainya, berdasarkan teori-teori yang anda dapat dalam pelajaran Manajemen Pendidikan ?

SELAMAT MENGERJAKAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s