FINAL TEST MANAJEMEN PENDIDIKAN

FINAL TEST

MANAJEMEN PENDIDIKAN

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN III 2014

PASCASARJANA UNIKU

 

DOSEN : Dr. H Odang Supriatna MM

 

Petunjuk : Sebelum anda menjawab pertanyaan ini, bacalah seluruh soal berikut ini dengan seksama. Kerjakanlah soal yang menurut anda paling mudah. Dalam mengerjakan soal ini anda diperkenankan membuka buku, atau materi perkuliahan. Namun tidak diperkenankan diskusi atau saling menukar jawaban dengan rekan sekelas. Waktu pengerjaan 90 menit.

 

  1. Apa persamaan dan perbedaan pengertian Organisasi menurut Max Weber, Edgar Schein dan Robbins ? jelaskan esensi persamaan dan perbedaannya.
  2. Sebutkan 3 dari 5 prinsip manajemen pendidikan menurut Douglas. Kemudian jelaskan apa yang dimaksud dengan 3 prinsip tersebut, serta bagaimana anda menerapkan prinsip ini dalam pekerjaan anda sebagai pendidik atau calon pendidik ?
  3. Jelaskan fungsi dan peran dari lembaga pendidikan. Jelaskan pula apa yang dimaksud dengan Lembaga Pendidikan Formal dan Lembaga Pendidikan Informal. Dan beri contoh untuk ke dua lembaga tersebut. Menurut anda apakah kualitas output dari Lembaga Pendidikan Formal dapat disetarakan dengan output Lembaga Informal ? bila berbeda kenapa ?
  4. Dalam Manajemen Peserta didik dikenal dengan a) Perencanaan Peserta Didik, b)Pembinaan Peserta Didik dan c) Evaluasi peserta didik. Jelaskan apa yang dimaksud dengan hal tersebut.
  5. Apa yang dimaksud dengan Manajemen Sumber Daya Manusia ? kanapa Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dianggap penting baik dilingkungan Perusahaan maupun disekolah ? Sebutkan pula 6 fungsi utama Manajer SDM dan jelaskan masing-masing fungsi tersebut.
  6. Apa pengertian dan ruang lingkup dari Manajemen Sarana Pendidikan ? sejauh mana pentingnya manajemen sarana pendidikan dalam menentukan kualitas pendidikan ?
  7. Dalam mengelola sebuah organisasi masalah pengelolaan keuangan merupakan hal yang paling penting , tidak terkecuali didalam mengelola pembiayaan Kependidikan. Apa yang dimaksud dengan manajemen pembiayaan Pendidikan ? Prinsip-prinsip apa saja yang perlu dilakukan dalam pengelolaan agar terjadinya efektifitas dan efesiensi. Berikan contoh implementasi dari prinsip-prinsip pengelolaan keuangan dalam kehidupan anda sehari hari, agar uang yang anda kelola efektif dan efesien.
  8. Salah satu upaya dalam memperbaiki kualitas pendidikan, yaitu dilakukannya supervisi tenaga pendidik, sarana dan prasarana pendidikan. Sebagai Supervisor fungsi-fungsi utama apa saja yang perlu dilakukan dalam melakukan Supervisi ? Bagaimana penerapan dalam pekerjaan anda ? Apa hambatan atau kesulitan dalam menerapkan fungsi-fungsi tersebut.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s